Kepemimpinan Jokowi Cetak Rekor Baru, Pemerintah Akan Tambah Kuota Impor Beras

Pemerintah memutuskan menambah kuota impor beras tahun ini sebesar 1,5 juta ton untuk mengisi cadangan beras pemerintah (CBP). Jika tambahan kuota impor ini direalisasikan, maka dipastikan impor beras di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi telah mencetak rekor baru.

Sebab, pada tahun ini pemerintah sebenarnya sudah menugaskan Perum Bulog mengimpor beras sebanyak 2 juta ton untuk mengisi CBP. Dengan demikian, jika ditambah 1,5 juta ton, impor beras tahun ini mencapai 3,5 juta ton. Terkait hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi menuturkan, kemungkinan beras impor tambahan yang akan masuk hingga akhir tahun ini hanya 600 ribu ton dari rencana impor 1,5 juta ton. Namun tetap saja, apabila dijumlah beras yang diimpor pada tahun ini kurang lebih 2,6 juta ton atau yang terbesar.

Arief menekankan, fokus pemerintah saat ini adalah menjaga ketersediaan stok pangan nasional. Selain dengan pemenuhan dari impor, saat ini pemerintah tengah mendorong produksi, agar ke depannya produksi dalam negeri bisa meningkat. Untuk itu, saat ini Kementerian Pertanian tengah mempersiapkan pupuk, benih, alat dan mesin pertanian (alsintan), hingga penyuluh dalam upaya mendorong produksi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours