UMKM Mulai Kuasai Pasar Ekspor

Pandemi Covid-19 yang terjadi tiga tahun lalu memupus harapan para pengusaha khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Saat ini, banyak UMKM yang terpaksa tutup atau melakukan berbagai langkah efektif untuk bertahan di tengah pandemi.

Namun kehadiran e-commerce di  masyarakat telah menjadi “gerbang mata pencaharian” bagi UMKM. Adanya penjualan online memungkinkan pelaku ekonomi menjangkau pasar yang lebih besar dan meraih pendapatan yang lebih besar. Salah satu UMKM yang sukses melalui e-commerce adalah toko sepatu asal Bogor bernama Patris yang didirikan oleh pria bernama Ricco Antonius. Toko merupakan salah satu UMKM yang sukses menghasilkan uang melalui perdagangan online.

 Dengan memulai bisnis sepatu di masa pandemi,  penjualan dari toko resmi Patris justru berkembang pesat dan berkembang hanya dalam waktu kurang dari setahun. Patris menghadapi dilema ketika memutuskan untuk memulai perusahaan sepatu di saat masyarakat harus tinggal di rumah karena kebijakan jarak sosial. “Awalnya, ketika saya benar-benar ingin memulai bisnis sepatu sendiri, saya sedikit bingung. Di masa pandemi, masyarakat harus berdiam diri di rumah, tapi untuk apa memulai bisnis sepatu? Ricco mengatakan dalam keterangan tertulisnya: “Tapi ya,  karena keputusan saya sudah lama diambil dan keluarga saya juga punya pengalaman di bisnis sepatu (offline), akhirnya kami memutuskan untuk menjual ini hanya secara online di Shopper. Ujar Rico (10/10/2023).

Dengan  dukungan menyeluruh dari pemerintah, diharapkan UMKM lain juga bisa sukses, seperti bisnis Ricco, melalui e-commerce. Platform Shopee terbukti menjadi jembatan yang baik dalam digitalisasi bisnis UMKM untuk menjangkau mitra yang lebih luas dan mengembangkan bisnis yang lebih besar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours