Konflik Israel-Hamas Picu Lonjakan Harga Batu Bara

Harga batu bara naik selama tiga hari, mendekati US$ 150 per ton. Kenaikan ini dipengaruhi oleh konflik Israel-Hamas, keterbatasan pasokan, dan permintaan global yang meningkat.

Menurut Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle untuk kontrak November mencapai US$ 148,35 per ton, menunjukkan kenaikan sekitar 1,71%. Selama tiga hari terakhir, kenaikan harga mencapai hampir 7%.

Eropa menghadapi musim dingin dengan permintaan batu bara yang tinggi karena peningkatan kebutuhan listrik. Meski berupaya mengurangi penggunaan batu bara untuk target iklim, harga gas yang tinggi membuat batu bara menjadi pilihan.

Konflik Israel-Hamas mengganggu pasokan migas global, mempengaruhi hubungan antar negara. Mogok kerja di fasilitas Chevron di Australia dan pemogokan di India berpotensi mengurangi pasokan gas dan batu bara. Jerman mungkin akan meningkatkan permintaan batu bara karena impor gas menurun.

Sementara itu, permintaan batu bara di Tiongkok stabil dan India mungkin akan meningkatkan impor dari Indonesia. Ekspor batu bara Indonesia naik 6% pada September dengan prediksi harga yang akan naik karena permintaan dari Tiongkok.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours