Dominasi Qris, BI Catat Transaksi Qris UMKM Hingga 1 Miliar Transaksi

Indonesia mencatat perkembangan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Tanah Air semakin baik dari hari ke hari. Penggunaan QRIS di kalangan UMKM pun semakin meluar. Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Dicky Kartikoyono mengungkapkan jumlah transaksinya di kalangan UMKM sebesar 1 miliar transaksi hingga saat ini.

Transaksi UMKM ini, kata Dicky, mencapai 81% dari total keseluruhan transaksi QRIS. “QRIS adalah instrumen yang menyediakan high frequency low value, maksudnya transaksi jumlahnya banyak, angka transaksinya banyak, 81% atau sekitar 1 miliar transaksi. Ini untuk UMKM,” ungkap Dicky, Rabu (11/10).

Kemudahan dan ragam fitur QRIS mendukung inklusi ekonomi dan keuangan digital serta konektivitas pembayaran antarnegara. QRIS telah dijalankan di Thailand dan Malaysia. Ke depannya, Dicky mengungkapkan QRIS juga akan mulai dapat digunakan di China, India dan Jepang. BI berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi fitur QRIS seperti QRIS Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai (TUNTAS) yang akan segera diluncurkan, serta perluasan kerja sama QRIS, termasuk kerja sama perluasan interkoneksi pembayaran QR Code dengan negara mitra.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours