Anjlok! Penjualan Motor Di Indonesia Mengalami Penurunan Akibat Inflasi Barang Pokok

Penjualan sepeda motor pada September 2023 mencapai 509.946 unit, dibandingkan dengan Agustus 2023 sebanyak 534.379 unit. Hal ini disampaikan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berdasarkan data yang mereka miliki.

Kepala Trade Area AISI, Sigit Kumala mengatakan, bahwa penurunan penjualan pada September 2023 juga disebabkan oleh inflasi pada beberapa komoditas bahan pokok sepert beras. Menurutnya, hal ini menyebabkan masyarakat menunda sementara hasrat untuk membeli sepeda motor dan lebih mengutamakan pada pemenuhan bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa inflasi atau Indeks Harga Konsumen (IHK) di Indonesia sebesar 2,28% secara tahunan tertanggal pada September 2023. BPS mencatat inflasi bulanan sebesar 0,19%. Produk yang memberikan sumbangan inflasi paling besar adalah beras, dengan jumlah sumbangan inflasi sebesar 0,18%, sedangkan bensin menyumbang 0,6%. Hal ini sejalan dengan regulasi bahan bakar nonsubsidi, khususnya Pertamax. Memasuki Kwartal IV 2023, Sigit memperkirakan harga komoditas tidak terus meningkat sehingga berdampak pada daya beli konsumen terhadap sepeda motor. Selain itu, Ia juga berharap jika suku bunga BI bisa bertahan di angka 5,75% hingga akhir tahun nanti.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours