Bank Mandiri Lepas Seluruh Saham Miliknya Pada PT AXA

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) telah melepas seluruh saham miliknya pada PT AXA Insurance Indonesia sejumlah 138.000 saham, yang mewakili 20% dari modal ditempatkan dan disetor pada Rabu, (4/10/2023) lalu. Bank pelat merah itu telah mengalihkan seluruh saham di perusahaan asuransi umum yang sebelumnya bernama PT Mandiri AXA General Insurance itu, kepada Anil Panjwani dan Manoj Ramkrashin Tolani. Masing-masing sebesar 69.000 saham, setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor. Keduanya tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Bank Mandiri.

Melihat kebelakang, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar tiga tahun lalu, petinggi Bank Mandiri telah memberikan indikasi bahwa perusahaan akan melakukan divestasi penuh. Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri pada saat itu, Hery Gunardi menjelaskan, bank melepas kepemilikannya di asuransi tersebut karena tidak memberikan imbal hasil investasi atau return on investment (RoI) yang menjanjikan. Hal ini ia ungkapkan pada tahun 2019 lalu oleh sosok yang kini telah menjadi Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BRIS).

Meski telah melakukan divestasi penuh, Bank Mandiri menyatakan bahwa pihaknya tidak mengakhiri kerjasama bancassurance dengan AXA. “Penting untuk dicatat bahwa Transaksi ini juga tidak akan mengakhiri kerjasama bancassurance oleh Perseroan dengan Axa dan juga tidak memiliki dampak terhadap seluruh kerjasama di antara Perseroan dengan AXA Group melalui PT AXA Mandiri Financial Services yang bergerak pada bidang asuransi jiwa,” jelas Corporate Secretary BMRI Rudi As Aturridha dalam keterangan resminya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours