Laksanakan Private Placement, IFC Bakal Genggam 1,42 Persen Saham Goto

International Finance Corporation (IFC), bagian dari Grup Bank Dunia akan menggenggam sebanyak 1,42 persen saham Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) atau setara 17,04 miliar saham melalui private placement dan obligasi.  Dalam keterangan resminya, GOTO menyampaikan kesepakatan tersebut mencakup investasi sampai dengan US$150 juta atau setara sekitar Rp2,30 triliun.

GOTO akan menerima investasi melalui penerbitan saham baru dalam rangka private placement, serta penerbitan surat utang terstruktur kepada Bhinneka Holdings (22) Limited, suatu entitas independen, yang secara bersamaan menerbitkan obligasi bersifat ekuitas kepada IFC dan Franke & Company, Inc. dengan nilai US$150 juta. 

Obligasi bersifat ekuitas yang diterbitkan oleh Bhinneka Holdings (22) Limited dapat ditukarkan dengan saham Seri A GOTO yang akan diambil bagian olehnya pada harga penukaran Rp135. Hal ini merefleksikan nilai premium sebesar 50 persen dari harga rata-rata tertimbang saham GOTO pada satu bulan terakhir.

Dana yang dihimpun oleh GOTO dari private placement ini, sebagaimana telah disetujui sebelumnya melalui RUPST GOTO tahun 2023, akan dimanfaatkan untuk modal kerja GOTO dan anak-anak perusahaannya.

Jadwal pelaksanaan private placement GOTO

  1. Pengumuman rencana private placement: 3 Oktober 2023
  2. Pelaksanaan private placement: 10 Oktober 2023
  3. Pencatatan saham baru hasil private placement kepada BEI: 11 Oktober 2023
  4. Pemberitahuan hasil pelaksanaan private placement: 12 Oktober 2023.

Seluruh saham baru yang akan diterbitkan dalam rangka private placement akan diambil bagian oleh Bhinneka Holdings (22) Limited.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours