Tandakan Saham LOPI Memiliki Valuasi Mahal, Price to Book Value Tercatat Sebesar 2,18-2,52 kali

Logisticsplus International adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada layanan pengelolaan transportasi (Freight Forwarding) di pasar domestik maupun internasional. Perusahaan ini merupakan hasil kerjasama antara para pengusaha nasional yang ahli dalam bidang logistik dan jasa pengiriman dengan anak perusahaan Logisticsplus Inc yang beroperasi di Indonesia.

PT Logisticsplus International Tbk (LOPI) tengah melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) yang akan melantai di papan akselerasi. Valuasi perusahaan yang bergerak di bidang logistik tersebut terbilang mahal. Mengutip prospektus IPO perusahaan, harga yang ditawarkan kepada masyarakat kisaran Rp 100 sampai dengan Rp 150 per saham, sehingga nantinya perseroan akan mendapatkan dana segar di rentang Rp30 miliar hingga Rp45 miliar. Pada saat yang bersamaan, perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 150.000.000 waran seri I atau sebesar 18,75% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran, yang diberikan kepada setiap Pemegang Saham (DPS) baru yang namanya tercatat dalam DPS perseroan pada tanggal penjatahan secara cuma-cuma.

Dengan harga penawaran IPO Rp100-Rp150 per saham dan perolehan laba dan total ekuitas sebagaimana disinggung di atas, valuasi LOPI tergolong mahal. Metrik price-to earnings ratio (PER) atau rasio yang membandingkan harga saham terhadap laba perusahaan LOPI juga sangat mahal (overvalued), yakni mencapai 57,10 kali hingga 85,66 kali. Tentu, ini jauh di atas aturan umum yang berkisar di 10 kali-15 kali. Demikian pula, rasio populer lainnya, price-to book value (PBV) LOPI tercatat sebesar 2,18-2,52 kali, di atas rule of thumb 1 kali, yang menandakan saham LOPI memiliki valuasi mahal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours