Ocean Panel Temukan Potensi Besar Sebagai Penyelamat Perubahan Iklim

Ocean Panel telah melakukan penelitian mendalam mengenai peran sektor kelautan dalam menghadapi perubahan iklim. Temuan terbaru mereka, yang merinci perkembangan sejak laporan 2019, mengungkapkan bahwa solusi berbasis kelautan memiliki potensi besar untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang sangat dibutuhkan untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius.

Laporan terbaru ini menyatakan bahwa solusi berbasis kelautan dapat berkontribusi sebesar 11-35 persen dalam pengurangan emisi tahunan yang diperlukan pada 2050. Ini adalah kabar baik dalam upaya global untuk meredakan perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

“Kemajuan yang menjanjikan dalam energi terbarukan lepas pantai dan kemungkinan beralih dari minyak dan gas lepas pantai dalam bauran energi global telah memperluas potensi pengurangan emisi,” kata juru bicara Ocean Panel dalam laporan yang mereka bagikan.

Salah satu pendekatan yang ditekankan adalah perlindungan ekosistem pesisir, yang sejalan dengan Kerangka Kerja Keanekaragaman Hayati Global Kunming-Montreal. Data menunjukkan bahwa Indonesia, dengan wilayah laut yang sangat luas, memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi.

Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut, luas perairan Indonesia mencapai 6,4 juta kilometer persegi, dengan 2,55 juta kilometer persegi di antaranya merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Ini menunjukkan bahwa tindakan tegas diperlukan di berbagai bidang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di seluruh dunia.

Namun, penting untuk diingat bahwa upaya untuk melindungi dan memulihkan ekosistem pesisir juga harus menjadi bagian dari strategi ini. Setelah ekosistem hilang, dibutuhkan waktu puluhan hingga berabad-abad bagi ekosistem untuk memulihkan karbon yang telah dilepaskan ke atmosfer.

Ocean Panel menyatakan bahwa hanya melalui kemitraan yang ambisius, inklusif, dan kolaboratif kita dapat mengatasi tantangan laut, termasuk mengurangi polusi dan meningkatkan kerja sama internasional. Mereka mengajak pemerintah, bisnis, masyarakat sipil, dan individu untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi dan memulihkan kesehatan laut sambil menerapkan solusi berbasis laut yang berkelanjutan.

Dengan analisis komprehensif dalam laporan ini, jelaslah bahwa laut dan solusi berbasis laut memiliki potensi besar untuk mengatasi perubahan iklim dan konsekuensinya yang luas.

“Bersama-sama, kita dapat mengamankan masa depan yang lebih hijau, lebih tangguh, dan adil bagi planet kita dan semua penghuninya,” demikian disampaikan oleh Ocean Panel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours