UNTR Menangkap Peluang Besar dengan Akuisisi NIC dalam Bisnis Tambang Nikel

PT United Tractors Tbk. (UNTR) mengukuhkan langkah strategisnya dalam mengembangkan bisnis dengan mengakuisisi 19,99% saham perusahaan tambang nikel, Nickel Industries Limited (NIC), senilai Rp9,3 triliun. Transaksi ini telah berhasil diselesaikan pada tanggal 21 September 2023, dan UNTR melakukan akuisisi ini melalui entitasnya, PT Danusa Tambang Nusantara (DTN).

NIC menarik perhatian UNTR karena memiliki portofolio kuat dalam industri tambang nikel, dengan aset utama yang berlokasi di sekitar Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi dan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera. Selain itu, NIC juga memiliki 80% saham di PT Hengjaya Mineralindo, perusahaan tambang nikel yang merupakan salah satu pemasok bijih limonit dan saprolit high-grade terbesar ke IMIP.

Menurut laporan Half Year 2023 yang disampaikan oleh NIC, perusahaan tersebut telah memproduksi sebanyak 59.957 ton logam nikel selama semester pertama tahun ini, terdiri dari 49.792 ton Nickel Pig Iron (NPI) dan 10.165 ton Nickel Matte dari fasilitas smelter yang dimilikinya. NIC juga telah menambang sebanyak 5,2 juta wet metric tons (wmt) bijih nikel dari tambang nikel Hengjaya.

“Aksi strategis Perseroan dalam pengambilan 19,99% kepemilikan saham di NIC merupakan salah satu langkah penting dalam diversifikasi dan ekspansi bisnis di industri mineral,” sebut manajemen.

UNTR juga mengisyaratkan bahwa UNTR tidak akan berhenti pada akuisisi ini saja, tetapi akan terus mencari peluang diversifikasi lainnya sesuai dengan kriteria yang ada.

Corporate Secretary UNTR, Sara K. Loebis, mengungkapkan bahwa perusahaan ini berambisi untuk mencapai kontribusi sebesar 50% dari bisnis yang berasal dari sektor non-batu bara pada tahun 2030. Selain tambang mineral seperti nikel, UNTR juga mempertimbangkan sektor lain seperti emas dan bahkan energi terbarukan.

“Di dalamnya yang porsinya agak besar itu tambang mineral, emas, nikel. Lalu sisanya apakah kami punya renewable energy power plant, itu yang kami bidik 2030,” tuturnya.

Dengan akuisisi tambang nikel Stargate di Sulawesi Tenggara dan pembelian saham NIC, UNTR semakin memperkuat posisinya dalam industri tambang nikel yang dipandang sebagai langkah strategis untuk menghadapi perubahan dalam perekonomian global dan tren transisi energi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours