BERINTERAKSI DI ERA DIGITAL: PENGALAMAN MAGANG DALAM PRODUKSI KONTEN MEDIA SOSIAL DI SURABAYA TV

Magang adalah salah satu kegiatan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka dapatkan selama berada di perkuliahan, serta mengimplementasikannya dalam lingkungan Perusahaan atau lembaga yang mereka jadikan tempat magang. 

Kegiatan magang ini juga memberikan wawasan berharga kepada mahasiswa, khususnya mengenai bagaimana sistem dan realitas dunia kerja sebenarnya serta untuk memahami lebih dalam tentang dinamika pekerjaan dalam praktiknya. 

Saya M. Kevin Rif’at Azmi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus Surabaya melakukan kegiatan magang di sebuah Stasiun Televisi Lokal yakni Surabaya TV pada bagian Media Sosial. Surabaya TV sendiri merupakan saluran televisi lokal yang menjangkau wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya. Peluncuran Surabaya TV dilakukan pada 31 Mei 2007, seiring dengan peringatan ulang tahun Kota Surabaya yang ke-714 dengan siaran berbasis Analog. Saat ini Surabaya TV telah bermigrasi ke Siaran Digital selama 24 jam di Chanel 35 UHF Frekuensi 586 dengan jangkauan siaran Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Bangil, Lamongan, Jombang, Pasuruan, Bangkalan, dan sebagian wilayah Probolinggo, Nganjuk, kediri dan Mojokerto.

proses produksi konten

Sudah satu bulan terhitung kegiatan magang yang saya jalani. Mulai dari tanggal 26 Juli 2023 hingga 30 Agustus 2023. Tugas saya saat proses kegiatan magang adalah membuat konten-konten informatif di media sosial Surabaya TV seputar berita di Surabaya maupun luar Surabaya. Jobdesk yang saya kerjakan selama magang ini sangat berkaitan dengan Peminatan saya yaitu “New Media” yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyalur informasi bagi Masyarakat.

Tugas yang kerjakan adalah proses produksi Konten media sosial di Instagram berupa Feed dan Reals. Konten-konten ini berisi tentang berita maupun informasi terkini baik dari dalam Surabaya hingga kancah nasional. Pada kegiatan magang di Surabaya TV ini saya sedikit memberikan Kontribusi pada pihak Surabaya TV dengan membantu proses produksi konten media sosialnya untuk memberikan efisiensi dan meringankan pekerjaan, sehingga hal ini dapat dimanfaatkan oleh pihak Surabaya TV bisa lebih fokus dengan pekerjaan lain nya.

Tapping Program acara Mandarin Song

Kegiatan magang ini dimulai dari hari Senin sampai Jumat. Selama magang kita diberikan berbagai macam tugas, mulai dari menulis artikel di website, produksi konten media sosial, Liputan langsung, hingga Tapping atau Rekaman program acara Cangkir dan Mansong. Tugas yang sering saya kerjakan adalah menulis artikel berita serta produksi konten media sosial.  Mahasiswa yang melakukan kegiatan magang diminta untuk membuat report harian tentang pekerjaan apa yang dilakukan hari ini. Hasil tersebut nantinya akan dilaporkan serta dipresentasikan saat ujian siding magang Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dalam ujian sidang tersebut mahasiswa akan mempresentasikan dengan jelas apa saja yang hasil yang didapatkan dan pekerjaan apa yang dilakukan selama magang.

Sebagai seorang mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja, pelakasanaan magang memiliki nilai yang sangat penting karena memperkaya pengalaman serta wawasan. Kegiatan magang ini dapat bejalan dengan lancar berkat panduan dan arahan dari pembimbing magang yaitu Herlina Kusumaningrum , S. Sos., M. A memberikan arahan dan panduan yang konsisten sepanjang proses magang. Serta Mas Candella Ghofi Atmaja selaku pembimbing magang dari Surabaya TV yang selalu memberikan arahan dengan baik. Hal ini akan menjadi pondasi berharga untuk perjalanan di dunia kerja di masa mendatang, oleh sebab itu kegiatan magang ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan terjun di dunia kerja. (Kevin-Ghofi)

#EcoKampus #KampusKompeten #KitaUntagSurabaya #KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #UntagSurabayaKeren #UntukIndonesia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours