Siap Genjot Sektor Wisata, DISHUB Jatim Menyiapkan Surat Izin Trayek Bus Trans Jatim Rute Batu-Cangar-Pacet

Bisnis.com, Surabaya – Surat izin trayek Bus Trans Jatim koridor III pada rute Batu-Cangar-Pacet telah disiapkan Dinas Perhubungan Jawa Timur, upaya ini dilakukan untuk menaikkan sektor pariwisata di kawasan tersebut.

Nyono sebagai Kepala Dinas Perhubungan Jatim mengatakan bahwa angkutan umum berbasis bus dikembangkan sebagai kelanjutan dari proyek bus Trans Jatim yang sebelumnya telah dilakukan secara bertahap.

“Setelah meluncurkan Trans Jatim Koridor II jurusan Terminal Kertajaya Mojokerto-Terminal Purabaya Sidoarjo, sekarang kami melanjutkan rute baru koridor III yang diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi berbasis wisata di sekitar Batu-Cangar-Pacet Mojokerto,” Ujarnya, Senin (11/9/2023).

Lanjutannya ia mengungkapkan bahwa Jatim sendiri memiliki destinasi wisata alam yang terletak di Cangar, keberadaannya menjadi potensi yang bagus jika dikembangkan, oleh karena itu Jatim menjadi jembatan untuk memberi fasilitas berupa transport menuju wisata Cangar dengan harga ringan.

“Kalau bus Trans Jatim dari Sidoarjo ke Mojokerto tarifnya Rp.5.000, lalu dari Mojokerto ke Cangar tarifnya akan dikenakan Rp.20.000, dan ini dapat terus ke kota Batu.” paparannya.

Nyono juga menambahkan jika menaiki rute Trans Jatim koridor III ini, Pemkab Mojokerto akan menyiapkan angkutan pengumpan (feeder) wisata supaya memudahkan wisatawan untuk berlibur dan belanja produk UMKM di Mojokerto.

Dalam kurun waktu 1 tahun ini kinerja bus Trans Jatim telah berhasil mengembalikan subsidi Pemprov Jatim sebanyak 30 persen, selain itu dengan adanya bus Trans Jatim di koridor I diklaim memberikan multiplier effect pada perekonomian daerah di jalur yang dilewati bus tersebut.

Saat ini bus Trans Jatim telah menyatakan keberhasilannya dalam mengurangi kemacetan sekaligus angka kecelakaan, dan kinerja load factor pada koridor I mencapai 130 persen, sedangkan koridor II ditingkat 40-50 persen.   

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours