Ketua MK Beri Dukungan Pada Gibran Untuk Menjadi Cawapres

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memberikan suntikan semangat kepada pemuda Indonesia bahwa mereka bisa menjadi khalifah besar dan itu sudah pernah terjadi di jaman Rasulullah.

“Sangat banyak kader-kader muda yang dipupuk Rasulullah menjadi kader-kader pemimpin masa depan yang luar biasa. Banyak sekali generasi muda yang menjadi pemimpin besar hasil didikan dari kaderisasi yang dijalankan oleh Rasulullah Muhammad SAW, ada Khalid bin Walid yang menjadi panglima besar umat muslim di usia yang sangat muda,” kata Anwar Usman saat memberikan kuliah umum di Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu, (9/9/2023).

Ia menambahkan, MK memiliki posisi yang krusial dalam rangka menjaga konstitusi untuk mengawal tetap tegaknya prinsip konstitusionalitas hukum. Dalam upaya menjaga konstitusi, aktivitas pengujian undang-undang akan selalu diperlukan dan harus dilakukan dalam ketatanegaraan dan hukum di Indonesia.

Pasalnya, UUD 1945 menegaskan apabila panutan sistem ialah supremasi konstitusi bukan lagi supremasi parlemen. MK memiliki urgensitas pembentukan untuk mengupayakan serta menjamin tidak ada lagi produk hukum yang keluar dari batasan-batasan konstitusi yang telah disepakati.

“Sehingga, hak-hak konstitusional warga negara terjamin dan konstitusi itu sendiri terjaga konstitusionalitasnya,” Terang Anwar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours